SCGallery

My Life Journal

Cymbal Line Hierachy

Saya sendiri juga bingung, terhadap pengelompokan cymbal-cymbal yang beredar di pasaran saat ini. Namun, setelah melakukan pencarian ke forum2 luar, saya buat disini pengelompokan secara umum berdasarkan bahan atau material cymbal tersebut, kualitas suara, kekuatan, dan peruntukan dari produsen.
Semoga dapat membantu Anda dalam memilih cymbal yang tepat untuk musik yang Anda.

Cymbal Pemula
Biasanya cymbal seri ini merupakan atau dijual paket bersamaan dengan drum seri bawah. Dibuat dari bahan kuningan, yang hanya mementingkan pada kegunaan. Kualitas suara yang dihasilkan pun tidak berkarakter dan cenderung lemah.

Produk yang beredar diantaranya:

  • Paiste: 101, PST3
  • Zildjian: Planet Z
  • Sabian: Solar, SBR
  • Meinl: HCS
  • Stagg: CXA, CXG, DX, DXC, DXJ, DXD, DXK

Cymbal Entry Level
Cymbal kelas ini diperuntukan bagi pemula dan hobbyist yang mulai serius dalam bermain drum. Kualitas yang dihasilkan terkadang tidak kalah dengan cymbal seri atas. Cymbal pada kelas ini, menggunakan bahan perunggu B8, yang juga diginakan pada cymbal kelas atas. Hanya saja berbeda proses pembuatan (Hammering & Lathing). Dari segi kualitas suara yang dihasilkan, beberapa sudah memiliki musikalitas yang tinggi. Hanya saja volume yang dihasilkan tidak sekuat cymbal seri diatasnya. Pembuatan cymbal seri ini biasanya full computerize pada hammering-nya. Tetapi ada beberapa produsen yang masih menggunakan tangan manusia untuk proses lathing.

Produk pada seri ini diantaranya:

  • Paiste: 202, PST5
  • Zildjian: ZBT, ZXT, ZHT
  • Sabian: B8, B8PRO
  • Meinl: MCS
  • Stagg: EXA, EXD, EXK

Cymbal Mid Level
Kelas ini merupakan kelas peralihan. Ada beberapa cymbal yang menggunakan bahan B8 dan beberapa menggunakan bahan B20. Walaupun B8 juga digunakan untuk cymbal kelas entry level, tetapi cymbal di kelas ini di proses dengan teknik yang berbeda dengan kelas dibawahnya. Begitu juga dengan cymbal berbahan B20 pada kelas ini. Perbedaaanya terletak pada hammering dan lathing. Cymbal pada kelas ini sudah dapat dikategorikan pada penggunaan pro. Bahkan beberapa cymbal pada kelas ini, dijadikan atau digunakan pada recording maupun live oleh drummer papan atas. Kualitas suara yang dihasilkan juga sudah hampir sama dengan cymbal kelas diatasnya.

Produk pada seri ini diantaranya:

  • Paiste: PST8, Alpha, Alpha Boomer
  • Sabian: APX, Xs20

Cymbal Pro Series
Ini merupakan kelas teratas. Kualitas cymbal pada kelas ini, tak perlu diragukan lagi. Begitu juga dengan produksi suara yang dihasilkan. Cymbal pada kelas ini tidak dapat di kategorikan mana yang bagus dan tidak bagus. Semua cymbal ada peruntukannya masing-masing. Jadi tergantung kebutuhan, atau disesuaikan dengan musik yang akan dimainkan.

Produk pada seri ini diantaranya:

  • Zildjian: K Zildjian, A Zildjian, A Custom, K Custom, Z3, FX Series
  • Paiste: 2oo2, RUDE, Giant Beat, Formula 602, Signature, Twenty
  • Sabian: AA, HH, AAX, HHX, Vault, Paragon, Artisan, SR2

Kesimpulannya.
Pemilihan cymbal yang tepat tidak bisa didasarkan oleh hierarchy yang saya tulis diatas. Semua harus dari sang drummer. Karena telinga dan selera setiap orang berbeda beda. Begitu juga dengan musik yang dimainkan. Melalui tulisan ini, saya hanya ingin menjawab pertanyaan beberapa kenalan saya mengenai cymbal. Banyak yang salah persepsi tentang cymbal seri tertentu.

Pastinya banyak orang yang tidak setuju dengan tulisan pengelompokan jenis-jenis pada cymbal. Karena saya sendiri juga masih bingung mengenai kelompok-kelompok cymbal yang beredar di pasaran. Saya sendiri hanya mengetahui cymbal dari suaranya. Yang sesuai dengan selera saya sendiri. Tetapi sekali lagi saya tekankan, tulisan ini tidak bermaksud mengelompokan cymbal-cymbal tertentu. Saya hanya membuat tulisan ini untuk membantu atau memberikan gambaran kepada Anda yang masi buta sama sekali tentang jenis-jenis cymbal yang beredar di pasaran saat ini.

Dalam tulisan ini, tentu banyak kekurangan yang tidak sempat atau belum saya jelajah lebih dalam lagi mengenai cymbal. Jadi, apabila Anda memiliki info tambahan untuk menyempurnakan tulisan ini, saya sangat menghargai bila anda mem-post di kolom komentar yang tersedia dibawah.

Terima Kasih.

Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: