SCGallery

My Life Journal

Apa Itu Drum?

Saya suka musik secara keseluruhan. Secara khusus, saya suka dan ingin untuk bisa memainkan alat musik. Mulai dari gitar, drum, bass, dan piano. Karena judul post ini adalah “Drum” maka saya akan membahas lebih jauh mengenai drum.

Apa itu Drum?
Drum adalah alat musik yang termasuk kedalam golongan perkusi. Atau secara teknis digolongkan dalam kategori membraphones. Apa itu membraphones? Adalah semua alat musik yang sumber suaranya dihasilkan oleh membran yang di beri tegangan, atau ditarik. Pada drum, setidaknya minimal terdiri dari satu buah membran atau lebih. Membran-membran ini biasa disebut sebagai Drum-head atau kulit drum. Pada umumnya, drumhead  di pasang di bagian atas dan bawah dari drum shell, dan menghasilkan bunyi ketika drum-head tersebut dipukul, baik menggunakan tangan atau tongkat pemukul yang biasa di sebut drum stick. Suara tersebut dihasilkan dari resonansi getaran pada drum-head, yang merupakan hasil dari tabrakan udara yang berada di dalam shell dengan dinding shell dan drum-head bagian bawah. Suara yang dihasilkan sangant bervariatif tergantung dari jenis drum-head yang digunakan, bahan shell yang digunakan, dan ukuran dari shell tersebut.
Drum merupakan alat musik tertua, dan digunakan di seluruh belahan dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Mengikuti perkembangan jaman, drum telah berevolusi hingga seperti bentuk yang kita kenal sekarang.

Cymbal

Cymbal merupakan bagian dari alat musik perkusi. Juga merupakan salah satu alat musik tertua yang digunakan bersama-sama dengan drum. Terbuat dari bahan metal dan biasanya berbentuk bulat. Bahan yang dipakai dalam pembuatan cymbal umumnya adalah perunggu. Kuningan biasanya digunakan pada pembuatan cymbal  untuk kelas pemula. Cymbal memiliki pola nada yang tidak terbatas. Bentuk cymbal sekarang, tidak jauh berbeda dengan bentuk cymbal kuno jaman dahulu. Cymbal digunakan oleh banyak jenis musik mulai dari ansamble perkusi, orkestra, musik jazz, pop, rock dan metal, serta digunakan dalam marching band.
Ada banyak jenis cymbal di jaman modern ini. Hi-hats, Crash, Ride merupakan cymbal yang biasa digunakan dalam sebuah drum-set.

gambar 1 - bagian dari drum-set

Bagian dari drum-sets

Drum dijaman modern ini terdiri dari beberapa bagian. Sebuah drum-set minimal memiliki 3 buah drum (bass drum, Snare drum, dan tom) dan 3 buah cymbal (Sepasang Hi-hats dan sebuah ride). Drum-set yang dijual di pasaran umumnya terdiri dari 5 buah drum. Bass drum, Snare drum, 2 buah tom-tom dan 1 buah floor tom. Lebih jelasnya, bisa lihat gambar 1.

Sudah ada gambaran mengenai drum? Tertarik?
Lanjut ke Manfaat Drum untuk mendalami dunia drum.

Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: