SCGallery

My Life Journal

Kelinci Mencret

Malam ini, kelinci saya yang ke dua menunjukan gejala sekarat sperti yang terjadi pada kelinci saya yang pertama. Mencret2… (gg dah…)
Saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan teman – teman yang telah mampir di blog ini. Belakangan ini sering hujan. Nga jelas ini musim hujan apa bukan, suka2 dia lah… biasanya banyak peternak atau hobbies pemula mulai menemukan banyak masalah pada kelincinya terutama mecret dan kembung tapi hujan bukan lah satu – satunya penyebab kelinci mencret mungkin faktor lain seperti makanan yang berikan. itu pernah saya alami dan saya rasakan sehingga banyak kelinci saya mati gara- gara mencret dan kembung karena belum menemukan obatnya yang pas. solusinya yang saya lakukan dengan bertanya kepada teman – teman dan mencari literatur – literatur yang berhubungan. dan akhirnya pada satu keputusan untuk mengambil kesimpulan dan memperaktekannya. alhamdulliah berhasil semua teratasi hanya dalam waktu 1 – 2 hari. Saya akan berbagi pengalaman jadi kalau kelinci kita mencret atau kembung dan tidak punya obat mencret khusus kelinci coba lakukan beberapa hal sebagai berikut, INGAT ini untuk keadaan darurat, tidak baik untuk terus menerus karena dosis terlalu besar akan merusak jantung dan hati kelinci. Dosis yang seharusnya untuk kelinci setiap gram mengandung 100 mg. sedangkan obat untuk manusia 500 mg/ g.

Rekomendasi obat kelinci :

Mencret : Intertrim LA ( Suntik ) or Intertim Oral ( Product : Interchemie Holland )
Kembung : Permenthyl 5% atau Enroten ( TMC )

  • Pisahkan kelinci yang mencret.
  • Singkirkan pakan rumput dan gantikan dengan pakan konsentrat ( pur khusus kelinci ) atau dengan Hay ( rumput kering ).
  • Beli antibiotik Metronidazol 500 mg, obat ini termasuk obat generik jadi harganya sangat murah dan mudah didapat di apotik terdekat atau kalau tidak ada bisa pakai juga antibiotik enrofloxacin atau Oxytetraciclyn. saya biasa menggunakan item yang pertama karena yang kedua dan ke tiga agak susah dicari ditempat saya.
  • Satu tablet dibagi empat ( 1/4 tablet ) untuk anakan dan dibagi tiga ( 1/3 tablet ) untuk indukan.
  • Kemudian 1/4 tablet di gerus ( dihaluskan ), dan dituangkan ke sendok teh ( jangan sedok makan terlalu besar susah masuk ke mulut kelinci ) lalu dicampur air matang sampai penuh permukaan sendok dan diaduk sampai merata lalu pegang kelinci dan masukan kemulut kelinci secara berlahan dan lakukan sehari 2 kali sampai kotoran kelinci normal kembali rata- rata 1 – 2 hari sudah sembuh
  • Agar kelinci tetap sehat, jaga kebersihan kandang, ventilasi udara dan usahakan kena sinar matahari pagi agar bakteri atau jamur tidak bisa berkembang biak.
  • Satu hal yang tidak kalah penting hindari kelinci kena angin secara langsung apalagi angin sewaktu hujan. usahakan kandang tertutup rapi.
  • Mulai sekarang Siapkan obat mencret khusus kelinci agar anda tenang karena mencret adalah penyakit yang paling sering terjadi pada kelinci.
  • Terakhir, Berdoaa….😀

Semoga bermanfaat. sukses slalu

8 responses to “Kelinci Mencret

  1. belan 1 August, 2011 at 5:24 PM

    kalau diberi obat diapet bisa?

  2. arie 22 February, 2012 at 3:47 PM

    gan mau nanya dong. kelinci ane mencret terus bulu disamping mulutnya basah terus, tapi kelinci ane ga bersin2, ntu kenapa ya soalnya ane bingung? kalo ane kasih entrostop atau norit buat ngilangin mencretnya boleh ga ya?? trus kalo ane kasih pelet kelinci boleh ga, soalnya kelinci ane ga mau makan, dan kerjanya diem aj.

    • Banoooo 22 February, 2012 at 3:52 PM

      Saya juga nga pernah liat kelinci saya bersin sih gan. Kalo mencret, sekarang saya lebih prefer bw ke dokter. Kalau Anda berdomisili di daerah jakarta, bisa bawa ke Vitapet. Itu tempat biasa saya treat kelinci saya.
      Kalo masalah pelet, malah sebaiknya diberikan pelet daripada makan sayur sperti kangkung atau sayur hijau segar lainnya. Kalo dia tidak mau makan pelet, itu sebenarnya bukan karena sakit. Melainkan karena dia tidak terbiasa makan pelet. Kelinci yang makan pelet kotorannya lebih kering dan baunya lebih bisa ditoleransi dibandingkan kelinci yang makan sayur segar.
      Mungkin kelinci Anda bukannya mencret, melainkan kebanyakan makan sayur segar. Kadar air pada sayur lebih tinggi dan mungkin itu yang menyebabkan kotorannya terlihat seperti mencret. Tapi ada baiknya kelinci dibawa pergi check-up ke dokter. Nanti bisa terlihat masalahnya dimana.
      Semoga membantu, dan semoga kelincinya cepat sembuh.

  3. yusi 12 June, 2012 at 3:31 PM

    tolong jawabannya yaaa!

Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: