SCGallery

My Life Journal

Pake Jam Tangan, Dikanan atau kiri???

Baru aja baca di salah satu artikelnya yahoo, bahwa sales jam adalah pekerjaan yang bakalan lenyap dan sekarang pun dah ga banyak diperlukan. Penyebabnya orang tidak perlu lagi beli jam karena banyak benda elektronik di sekitar kita yang juga menampilkan penunjuk waktu. Mulai dari ponsel, televisi sampai microwave. Belum lagi ditambah jam analog maupun digital yang terpampang di tempat-tempat publik.

Tapi, gue rasa masih banyak orang-orang yang masih ‘kuno’ memakai jam tangan dan merasa itu merupakan satu gadget yang harus ada, seperti halnya ponsel.  Setidaknya begitulah pendapat gue, yang mungkin merupakan satu-satunya orang di dunia yang memakai jam 24/7. Yup! 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Masih soal jam tangan, pernah memperhatikan orang-orang memakai jam tangan tidak seragam? Ada yang memakai di tangan kiri, tetapi ada yang memakai di tangan kanan.

Bila dilihat dari anatomi jam tangan, terutama yang analog, semestinya memang dipakai di tangan kiri. Kenop pemutar jarum dipasang sedemikian rupa, sehingga pemakai di tangan kiri bisa memutarnya tanpa melepas jam dari pergelangan tangan.

Jika demikian, mengapa ada orang yang memakai jam di tangan kanan? Kalau yang diminta hanya satu jawaban, maka jawabannya, karena di tangan mana kita memilih memakai jam, itu bagian dari hak asasi manusia.

Faktanya, banyak alasan orang memakai jam di tangan kanan.

Ketika melihat gue memakai jam di tangan kanan, seorang teman langsung menebak bahwa gue anak tentara. Menurut dia, kebanyakan pemakai jam di tangan kanan yang ia kenal, berasal dari keluarga tentara.

Kemudian, ada lagi yang mengatakan pemakai jam di tangan kanan adalah orang-orang yang nasionalis. Ada juga yang mengatakan orang-orang sukses banyak yang memakai jam di tangan kanan. Kalau menurut gue, yang pakai di tangan kiri lebih banyak lagi yang tergolong sukses. Ya jelaslah, mereka mayoritas.

Beberapa orang menyatakan supaya mereka bisa memakai aksesoris/gelang di tangan kiri. Macam-macamlah alasannya. Bahkan, ada yang sampai memakai hadist sebagai latar belakang.

Gimana dengan gue sendiri? Oke, gue anak tentara, tapi dalam keluarga rasanya cuma gue yang pakai jam di tangan kanan. Nasionalis? gue emang cinta Indonesia, tapi ga sampai bisa disebut nasionalis kalee…

Sukses? Amiiin!! Supaya bisa pakai gelang? hmmm…gue hampir ga pernah pake gelang, takut nyangkut-nyangkut pas naik turun bis :p
Hadist? euleuh, euleuh, jaman Nabi Muhammad dah ada jam tangan ??

Jadi, mengapa gue pake jam di tangan kanan?

Karena pergelangan tangan kanan gue lebih besar daripada tangan kiri.
Sejak kecil gue memang suka pakai jam tangan. Tapi karena dari dulu udah kurus, otomatis kalau beli jam tangan harus dikecilin, dipotong atau ditambah lubangnya. Seringkali sampai hampir ga ada ruang lagi untuk ngecilin, terutama kalau berpatokan pada ukuran pergelangan tangan kiri.

Jadilah, gue memakai jam di tangan kanan, sampai sekarang. Kalaupun pakai di tangan kiri, itu dalam rangka mencoba mengobati penyakit pelupa gue. Katanya, memakai jam bergantian kanan dan kiri akan membantu meningkatkan daya ingat. Sayangnya, malah lebih sering lupa mindah-mindah…

One response to “Pake Jam Tangan, Dikanan atau kiri???

  1. Yudi 7 October, 2013 at 7:34 AM

    ane pernah baca di kaskus, katanya yang menyangkutkan dengan hadist itu katanya segala sesuatu yang baik dikerjakan dengan tangan kanan… *CMIIW*

Reply

