Banoooo

Listen…!!! I'm not telling you twice…

Apa Manfaat Belajar Bermain Drum?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, saya suka dan ingin bisa memainkan berbagai alat musik. Khususnya drum. Kenapa? Karena keren. Itu lah yang pertama kali terpikir di otak saya. Lebih jauh, ada beberapa alasan mengapa saya ingin bisa bermain drum, dan alasan ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk belajar memainkannya.

Untuk Anda yang beranggapan bahwa drum hanyalah tentang irama dan suara berisik, Anda salah! Jadi sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai habis, sebelum Anda beropini keliru mengenai drum.

Bermain drum yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari

Pemain drum, atau biasa disebut sebagai Drummer, adalah orang-orang yang berbeda. Mereka berbeda dengan musisi pada umumnya, bahkan mereka juga di tempatkan berbeda dari musisi lainnya di atas panggung. Berbeda disini bukan berarti “aneh” atau “kelainan”.  Drummer sebenarnya juga merupakan musisi. Hanya saja mereka memiliki tugas yang berbeda dari musisi lainnya. Drummer bertugas untuk mengiri musisi lain dengan tempo yang konsisten, sehingga drummer tidak dapat disamakan dengan musisi yang memainkan alat musik bermelodi seperti gitar dan piano.

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari bermain drum adalah mendapatkan kesehatan fisik atau tubuh. Mengapa? Seperti yang kita ketahui, bermain drum melibatkan aktifitas fisik yang meguras energi pada tubuh kita. Cobalah duduk di depan drum, dan mainkan dengan tempo yang cepat dan konsisten dan dalam jangka waktu yang lama. Pasti Anda akan merasa lelah. Bermain drum dapat melatih otot-otot pada tubuh kita seperti kita melakukan olah raga. Dan tentunya hal ini baik bagi kesehatan. Bagi Anda yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk berolah raga, atau Anda tak ingin tak ingin hari minggu anda terbuang untuk berolah raga, coba lah bermain drum. Anda akan mendapatkan manfaat dari berolah raga dari bermain drum. Disamping itu, Anda tidak membuang hari minggu Anda dan tetap bisa bersenang-senang.

Manfaat kedua, adalah pengaruh terhadap mental dan psikis.
Untuk dapat memainkan drum dengan baik, terlebih seperti pro, membutuhkan energi, ketekunan dan kerja keras, dan waktu. Drummer adalah orang yang bertekad kuat, fokus, dan memiliki konsentrasi yang sangat baik. Tiga hal tersebut pastinya bermanfaat dan dapat diterapkan dalam segala situasi kehidupan sehari-hari. Ketika memainkan sebuah irama, seluruh bagian pada otak drummer (otak kiri dan kanan) bekerja. Otak kiri bekerja untuk menggerakan tubuh bagian kanan, dan otak kanan bekerja untuk menggerakan tubuh bagian kiri. Selain menggerakan tubuh, otak juga bekerja untuk memastikan permainannya itu tepat waktu dan konsisten.
Pada anak-anak, bermain drum sangat berguna untuk mengembangkan kecerdasan mereka. Bermain drum memberikan keseimbangan otak kanan dan kiri pada anak-anak, melatih konsentrasi mereka untuk fokus, dan melatih kemampuan motorik. Bagi Anda yang memiliki buah hati yang menderita ADD atau ADHD, ini merupakan berita bagus untuk anda. Memberikan pendidikan drum pada anak-anak sangatlah baik bagi pertumbuhan otak dan tubuh mereka. Menyalurkan energi dan waktu mereka untuk hal yang positif.

Sebenarnya, masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari belajar drum. Menjadi musisi adalah salah satu manfaat belajar dan atau bermain drum. Berada di sebuah band atau kelompok musik secara tidak langsung juga akan memberikan Anda rasa percaya diri. Mengapa? Dalam sebuah band atau grup musik, drummer tidak bermain sendiri. Ada anggota lain yang memainkan alat musik lain, setiap anggota memiliki peran masing-masing sesuai dengan alat musik yang mereka pilih. Mereka bekerja sama satu dengan lainnya dan terjadilah proses sosialisasi diadalam kelompok tersebut. Ketika kerja keras group maupun individu membuahkan hasil, maka akan timbul penghargaan terhadap prestasi, dan akan berakhir pada peningkatan kepercayaan diri. Jika Anda adalah orang tua dari seorang anak yang kurang percaya diri, drum atau bermusik dapat menjadi solusi untuk anak Anda..

Anda yang muda, tua, atau tengah baya, bermain drum dapat menjadi pengalaman yang paling berharga. Drum akan membuat Anda tetap aktif, berpikir, dan akan membuat Anda sehat. Untuk Anda yang udah tua, dapat terbebas dari penyakit Alzheimer. Untuk anda yang sedang menikmati masa muda, banyak pengalaman dan kesenangan yang bisa anda dapatkan dari bermain drum. Untuk anda yang single, pasti banyak wanita cantik yang terpukau saat mengetahui bahwa Anda bisa bermain drum. Untuk Anda yang memiliki anak, drum dapat melatih kecerdasan anak anda, dan tentunya mereka melakukan kegiatan positif dengan bermain drum dibandingkan dengan jalan-jalan ke mall atau hanya bermain game dan lebih parahnya, salah pergaulan yang mengakibatkan perkenalan dengan dunia NARKOBA.

“STAY AWAY FROM DRUGS, PLAY DRUMS!!!”

Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: